Dari sekian puluh mesin aneka macam yg pernah kita commissioning…..rasanya jarang yg berjalan mulus tanpa satu pun masalah yg timbul. Bagi kami itu wajar ,karena gak pandang itu buatan Europah maupun Asia semua adalah buatan manusia…..gak ada yg sempurna.
Bagi customer..kalau bisa hal itu diharamkan. Mereka invest milyaran rupiah bukan untuk coba2 atau jangan sampai start up gagal. Kalau duwit investasi dari bank,maka bunga dihitung per detik (kalau bisa)….dan para owner akan mencak2 kalau produksi tidak bisa sesuai schedule atau rencana yg sdh digariskan.
Jadi, bagi engineer dan sales sebuah agent mesin masalah commissioning ibarat membidani suatu kelahiran…dimana beberapa bulan kedepan (sampai warranty 12 bln lewat) adalah bisa disebut masa kritis,dimana dituntut kesiapan yg all out….kalau perlu nginep dipabrik untuk membuat mesin baru tersebut lancar….supaya owner bisa tidur nyenyak.
Dan hal diatas sangat kami sadari….bagaimana caranya membuat customer nyaman dan puas dengan pelayanan purna jual kami.
Tindakan tehnis yg cepat dalam mengatasi masalah mesin ,sebenarnya bisa jadi bagian dari promosi yg cukup bagus buat sebuah agent mesin,kalau tidak para customer akan kapok.