Jati wibowoApa lagi maksud judul diatas? jangan kaget ini tak lepas dari profile teman satu ini. 

Namanya Jati Wibowo, sekarang masih aktif di salah satu perusahaan AMDK di daerah Sukabumi. Pengalaman cukup lama di Thermoforming machine..jadi sudah tidak diragukan lagi kemampuannya memproduksi Cup PP. 

Dan yg paling menarik adalah lingkungan kerja yg digawangi oleh beliau yg satu ini  terutama disekitar mesin,kondisinya sangat menyenang kan…mesin selalu bersih dibanding rata2 customer yg mempunyai mesin yg sejenis. Prinsipnya mesin yg selalu bersih pasti ditangani dan dikelola secara effektif…ada orang/staf dilapangan  yg secara routine bertugas menjaga keadaan cat mesin agar selalu bersih sepertti mesin masih baru. Apalagi cup AMDK termasuk kemasan untuk beverage/food…jadi harus diberlakukan standart untuk food grade…always bersih.

Dampak lain, suasana kerja jadi lebih enak kalau lingkungan produksi bersih. dan ini tak lepas dari mental para pelakunya (terutama bos yg satu ini) yg sudah menanamkan akan adanya kebersihan sejak awal karyawan bergabung diperusahaan tersebut.

Lebih jauh tentang kebersihan bisa berdampak ke sistem prefentive maintenance, mesin tidak nampak belepotan oil atau grease. dan perubahan “warna grease” yg mengalir secara automatis akan bisa mendeteksi adanya keausan dibagian yg bergerak. Ini sudah dibuktikan dilapangan…adanya friksi yg tidak wajar menyebabkan warna grease yg tadinya cerah jadi agak gelap.

Kondisi seperti diatas kadang susah diterapkan diperusahaan yg tidak memiliki komitmen soal kebersihan…walaupun diperusahaan food yg besar hal itu sudah biasa.

Saya sebagai pelaku dilapangan yg sering menjumpai mesin2 produksi memberi acungan jempol untuk bos satu ini…..salut bos.