Dulu ketika masih katrok tidak pernah berangan-angan atau mimpi bisa kemanca,negeri diluar sana yg  jauhnya sampai harus terbang berjam-jam. Sampai seorang teman bercerita panjang lebar bahwa pernah keluar negeri itu hebat sekali..pulangnya kelihatan seperti orang pinter. Wah saya jadi terperangah…oooo gitu ya? orang lain yg belum pernah kesana jadi kelihatan bego? Seperti saya saat itu ketika diajak bicara sama teman tersebut..bener-bener merasa bego.Sebab tidak akan nyambung kalau diajak bicara soal kemajuan diluar sana.

Setahun kemudian saya resign dari tempat teman tersebut,dan setelah beberapa kali menikmati beberapa pekerjaan yg suasananya berbeda…akhirnya saya menemukan tempat kerja yg begitu bagus manajemennya, salah satu anak perusahaan group konglomerat yg cukup besar. Disana, masa-masa kerja yg cukup ideal bagi seorang karyawan saya rasakan..dan saat itu saya menikmati pengalaman pertama keluar negeri…ke Italy, ketempat yg belum pernah saya impikan…ketempat dimana teman saya pernah bilang orang kelihatan hebat setelah dari sana . Tapi terus terang setelah beberapa kali ke Italy pulangnya terasa biasa saja…hebatnya memang ketika disana. Saya kelihatan bertambah katrok melihat anak-anak sana pinter bicara bahasa Italy (hahahahaha…..)

Setelah itu secara gratis karena tugas perusahaan saya bisa jalan-jalan ke Jepang,Thailand,Shanghai,Hefei,Philippines,Vietnam dan berapa kali ke Johor dan Kualalumpur….Singapore adalah kantor pusat yg sering disinggahi…..

Terus terang saya tidak akan membuat orang kelihatan ndeso dan katrok karena pengalaman ini…itu hal yg biasa walau dihubung-hubungkan dengan pengalaman tehnis di kerjaan. Tidak ada orang yg automatis lebih hebat karena hanya pernah ke Jerman atau Italy…atau mana pun tempat ilmu pengetahuan sangat maju.